Tidak Harus Menunggu Semuanya Sempurna

10.36 Unknown 0 Comments


Untuk menjadi pengusaha, kita tidak harus menunggu semuanya sempurna. Perbaiki yang berlubang sambil by doing. Perusahaan sekelas Apple, Microsoft, HP, serta Google, memiliki satu kesamaan, mereka memulai bisnisnya dari garasi.Pada awalnya keempat perusahaan tersebut tidak mempunyai kantor. Mereka harus bekerja digarasi, setelah punya uang baru menyewa kantor, itu pun masih pindah-pindah. Begitu usaha membesar dan kas perusahaan ada, mulailah membeli tanah dan membangun kantor.

Apa jadinya jika Microsoft, Apple, HP, Google, memulai bisnis ketika sudah memiliki kantor. Apakah mereka akan ada seperti saat ini?
Keempat raksasa bisnis tersebut, melakukan apa yang bisa dilakukan sekarang. Kalau memang belum ada kantor ya mau bagaimana lagi? Bisnis harus tetap berjalan. Dalam bisnis jangan menunggu semuanya sempurna.

Sandiaga Uno dan Roeslan Perkasa Roeslani, memulai bisnis penasehat keuangan dengan bendera Recapital. Keduanya adalah teman SMA. Waktu itu Sandiaga Uno sudah jatuh tertimpa tangga. Ia sudah dua kali terkena PHK. Mau beli susu untuk anaknya saja harus dibantu orangtua. Sandiaga sendiri sudah tidak lagi berdiri dengan kepala tegak. Ia malu karena tidak bisa menafkahi istrinya. Pada masa yang berat seperti itulah, Sandiaga meminjam uang orangtuanya untuk menyewa kantor. Kantornya sangat kecil dan banyak warna pink di kantor tersebut, karena dulunya kantor itu adalah agency untuk model. Tempatnya pun kecil. Karena tidak nyaman dengan penampakan kantornya sendiri, Sandiaga kerap mengajak bertemu di lobi hotel. Ini terjadi agar klien lebih pecaya.

Namun jika kita lihat bisnis Sandiaga saat ini, Mungkin orang tidak akan percaya dengan kisah diatas. Kantor megahnya di Rasuna Said menjadi bukti bahwa bisnisnya bermain dalam Skala besar. Sandiaga masuk dalam 40 besar orang kaya di Indonesia. Bisnisnya banyak sekali dari perbankan, maskapai penerbangan, industri otomotif, batubara, dll.
Andai saja dulu Recapital, Apple, Microsoft, HP, Google menunggu semuanya sempurna, apakah mereka ada di posisi sekarang. Menunggu harus punya kantor yang bagus dulu, menunggu harus punya modal yang cukup dulu, menunggu harus punya relasi yang banyak dulu baru memulai usaha. Seperti kata orang bijak, ‘ jika Anda menunggu semua sempurna, maka Anda berada pada penantian yang panjang.

http://koombis.com/tidak-harus-menunggu-semuanya-sempurna/

0 komentar: